Categories
Uncategorized

Modal Bisnis Jual Beli Kambing, Jenis dan Cara Ternak yang Baik

Modal Bisnis Jual Beli Kambing, Jenis dan Cara Ternak yang Baik

Kambing adalah hewan sudah lama diperbudidayakan, dan menjadi satu diantara sumber protein hewani yang terpenting.

Langkah peternak kambing bisa dilaksanakan dimana saja seperti pada perdesaan atau perkotaan dengan rasio yang berbeda juga, dimulai dari rasio yang kecil yang hanya untuk dimakan individu saja, sampai rasio yang lebih besar yakni dengan untuk tujuan komersil yang pada akhirannya mendapatkan keuntungan.

Peternak kambing dapat disebutkan memiliki sejumlah keuntungan dibanding peternak hewan yang lain. Karena kambing memiliki perkembangan yang sangat cepat, hingga memiliki imbas memberikan keuntungan dalam sekejap .

Disamping itu, kambing memiliki kekuatan untuk menyesuaikan yang bagus pada lingkungan yang berbeda, hingga tidak kesusahan untuk memiara kambing di berbagai daerah.

Keunggulan dari peternak kambing ialah saat lakukan perawatan yang disebut lebih gampang, dibanding peternak hewan yang lain.

Misalnya Kambing dapat makan daun-daunan atau rumput yang tumbuh disekelilingnya, hingga memberikan pakan bisa dilaksanakan ongkosĀ selengkapnya yang relatif murah. Tetapi, walaupun perawatannya gampang, perlu pengalaman dan pengetahuan dalam peternak kambing supaya bisa jalankan bisnis peternak kambing secara baik.

Keunggulan yang lain dari peternak kambing yakni bisa menghasilkan berbagai produk, seperti daging, susu, kulit sampai kotoran. Harus dipahami ialah daging kambing adalah salah satunya sumber protein hewani yang terpenting.

Artikel berikut akan memberikan keterangan semuanya yang harus dipahami berkaitan bermodal usaha jual-beli kambing. Di mana akan diterangkan dimulai dari tipe sampai langkah peternak kambing yang benar dan baik. Selamat membaca!

Apa tipe kambing peternak? Berikut ialah beberapa jenis kambing peternak yang terkenal di Indonesia.

1. Kambing Kacang
Tipe kambing ini memiliki kekuatan reproduksi yang demikian cepat hingga gampang untuk diperbudidayakan. Disamping itu, kambing kacang tidak gampang sakit dan perawatannya juga tidak susah dan repot. Keunikan dari Kambing ini memiliki kepala yang kecil, memiliki sundul, telinga yang tegak,dan dengan bulu pendek dan lempeng.

Tinggi dari tipe kambing ini capai 56 cm yang betina dan 60-65 cm yang jantan. Untuk berat tubuh kambing kacang yang dewasa bisa capai 25 kg yang betina dan 30 kg yang jantan. Keunikan yang lain yang ada pada kambing kacang jantan memiliki bulu lebih panjang di janggut dan ekornya.

2. Kambing Etawa
Tipe kambing seterusnya yakni kambing Etawa yang bisa menghasilkan daging dan susu yang bisa menghasilkan 3 ltr setiap hari adalah tipe kambing yang dari India. Kambing ini memiliki ukuran tubuh yang tinggi dan besar.

Tinggi dari kambing Etawa bisa capai 90 sampai 127 cm dan untuk berat tubuh kambing Etawa bisa capai 63 kg yang betina dan 91 kg yang jantan. Kambing Etawa memiliki keunikan yakni pada dahi dan hidungnya kelihatan cembung dengan telinga yang panjang terkulai.

3. Kambing PE (Peranakan Etawa)
Tipe kambing setelah itu Kambing PE yang disebut hasil peranakan di antara kambing Etawa dengan kambing kacang. Kambing tipe ini memiliki ukuran tubuh seperti Etawa dan memiliki daya reproduksi yang cepat seperti kambing kacang.

Untuk berat tubuh dari kambing PE dewasa bisa capai 63 kg yang betina dan 91 kg yang jantan.

Keunikan dari kambing tipe ini yakni memiliki warna bulu gabungan di antara warna putih, coklat, hitam dan merah. Disamping itu tipe kambing ini memiliki bulu yang panjang di wilayah ekor, dagu dan paha dan Dahi dan hidungnya kelihatan cembung.

Selainnya sebagai kambing pedaging, kambing ini bisa menghasilkan susu yang bisa menghasilkan 3 ltr setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *